Ini lah Fakta Menarik Seputar Bir

beer

Bersiap-siaplah bergembira para penikmat bir, sebab ternyata ada efek yang menyehatkan dari minuman beralkohol ini. Tidak peduli dengan merek maupun jenis dari bir tersebut, jika dinikmati dalam takaran yang wajar (2 gelas perhari) terbukti dapat menurunkan resiko stroke, serangan jantung bahkan penyakit seputar peredaran darah Anda.

Bir yang terbuat dari butiran padi, air dan ragi jelas banyak mendapatkan vitaminnya dari butiran padi yang dipakai sebagai bahan. berikut adalah daftar fakta menarik seputar manfaat bir terhadap kesehatan. Namun, penting diingat disini adalah dosis minum bir yang disarankan adalah dalam jumlah yang wajar yakni hanya sampai 2 gelas sehari dan tak lebih, sebab efeknya akan jauh merugikan.

Fakta 1.
Pada bulan November 1999, The New England Journal of Medicine menyatakan bahwa berdasarkan penelitian peminum bir dalam takaran yang ringan (tak berlebihan) akan memperoleh manfaat pengurangan resiko terserang stroke sampai sekitar 20 %.

Fakta 2.
The University of Texas Southwestern Medical Center di Dallas pada tahun 1999 juga mengeluarkan hasil penelitiannya yang menyatakan bahwa peminum bir dalam takaran ringan akan mengurangi resiko serangan jantung koroner hingga 30-40% dibandingkan dengan yang tidak pernah minum sama sekali. Dalam hal ini kandungan antioksidan ‘polyphenols’ diperkirakan memainkan jasa besar terhadap penurunan resiko ini.

Fakta 3.
Alkohol yang terdapat dalam bir dirasakan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol yang baik yakni HDL. Ini sangat berguna untuk menurunkan penggumpalan darah.

Fakta 4.
Bir mengandung vitamin B6 yang dapat mencegah pembentukan amino acid homocysteine yang erat kaitannya dengan serangan jantung. Orang yang memiliki kandungan homocysteine yang tinggi dalam darahnya cenderung mendapatkan kemudahan dalam hal penyakit jantung dan penyakit seputar peredaran darahnya.

Fakta 5.
Sebuah studi terbaru dari TNO Nutrition and Food Research Institute di Uttrect membuktikan bahwa peminum bir sama sekali tidak akan terjadi pembentukan homocysteine dalam darahnya namun bagi penikmat anggur dan minuman beralkohol lainnya justru akan meningkatkan pembentukan homocysteine hingga 10%.

Fakta 6.
Bir dapat meningkatkan pembentukan vitamin B6 sebesar 30% dalam plasma darah, sesuatu yang tidak terdapat dalam minuman keras lainnya.

Fakta 7.
Dalam bir tidak terdapat kolesterol dan lemak.

Fakta 8.
Efek menarik dari bir adalah dapat mendatangkan perasaan tenang dan ini dapat berguna dalam mengurangi tingkat stres dalam diri Anda.

Fakta 9.
Sudah terbukti bahwa mengkonsumsi bir dalam batas yang wajar bagi kaum manula dapat meningkatkan pelebaran pembuluh darah, meningkatkan kualitas tidur dan juga memperlancar urine.

Sumber : axlextreme.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: