Kosmetik penyamar noda


Kondisi kulit yang bersih dan tanpa noda tentu akan mempermudah pengaplikasian make up, dan hasilnya pun akan sempurna. Tapi kenyataannya, tidak semua wanita punya wajah bersih tanpa noda. Munculnya noda akibat vlek akibat jerawat seringkalai membuat wanita jengkel. Bila itu yang terjadi pada anda, tentu noda atau flek tersebut harus di samarkan. untuk menyamarkan noda, bisa di lakukan dengan menggunakan foundation atau concealer.

Berikut ini tips makeup untuk menyamarkan noda :

Foundation ( alas bedak )

Foundation adalah solusi termudah untuk menyamarkan vlek atau noda bekas jerawat, atau jerawat itu sendiri. Ada beberapa jenis foundation, yang bisa di pilih sesuai jenis kulitdan kegunaannya, yaitu ;

Cair
Jenis ini paling ringan, sehingga cocok di pilih untuk pemakaian sehari-hari dan semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat. Sebab bentuknya yang cair tidak terlalu menutupi pori-pori wajah. Meski begitu, foundation cair ini lebih awet. Untuk pemakaian sehari-hari, sebaiknya pilih yang mengandung tabir surya dengan SPF minimal 8.

Krim

Jenis ini bisa menyamarkan lebih banyak noda, misalnya bekas jerawat. Seperti halnya bentuk cair, foundation bentuk krim lebih awet. Bentuk krim ini mengandung lebih banyak minyak, sehingga lebih cocok untuk kulit normal cenderung kering, karena akan memberi efek menutupi pori=pori secara sempurna.

Padat ( cake )

Foundation berbentuk cake biasanya berbahan dasar air maupun minyak. Yang berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering, sedang yang berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak. Foundation berbentuk padat ini lebih di sukai karena lebih mudah di bawa dan di gunakan. tinggal menyapukan sedikit dengan spon, noda akan tertutup dengan sempurna.

Stick

ini tergolong berat. Karena itu, sebaiknya hanya di gunakan sebagai penyamar noda saat acara pesta yang butuh makeup glamour. Foundation jenis ini biasanya berbahan dasar minyak, sehingga lebih cocok untuk kulit kering.

Mousse

Foundation jenis ini sangat mudah di gunakan dan tepat untuk kulit yang sekedar butuh pelapis tipis, alias tidak banyak bagian yang harus di samarkan. Untuk pemilihan warna foundation di sarankan untuk memilih yang senada dengan warna kulit wajah. Tapi jika noda itu jelas terlihat, pilih yang warnanya satu tingkat lebih gelap dari warna kulit. Hindari warna yang jauh berbeda dengan warna kulit. Misalnya untuk membuat kulit terlihat lebih putih. Sebab, itu akan membuat wajah terlihat seperti topeng. Jika ingin mengubah warna kulit, pilih foundation yang warnanya satu tingkat lebih gelap atau lebih terang. Dan untuk hasil lebih alami, gunakan campuran alas bedak gelap dan terang sampai mendekati warna kulit. Jika warna foundation satu tingkat lebih gelap , gunakan bedak dengan warna satu tingkat lebih terang dari kulit wajah agar tampak alami.

Concealer

concealer di gunakan bila penggunaan foundation tidak mampu menutup atau menyamarkan vlek atau noda di wajah. Bahkan concealer ini bisa di gunakan untukmenutup atau menyamarkan segala kekurangan di wajah. Misalnya, keriput atau bayang kehitaman di bawah mata.

Bentuk concealer juga bermacam-macam, ada yang cair, krim, stick, hingga pensil. untuk pemilihan warnanya di sarankan memilih yang mendekati warna kulit wajah agar hhasilnya sempurna. Pemilik kulit gelap, sebaiknya memilih warna beige. Sedang pemilik kulit lebih terang sebaiknya memilih warna translucent. Intinya pilih warna concealer yang satu tingkat lebih muda dari warna kulit.

Sumber : aksesoriswanita.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: