Pentingnya Kolagen Untuk Mencegah Keriput

Niki-Taylor-face-512

Kolagen merupakan protein berserat. Bersama elastin dan keratin, kolagen membentuk jaringan ikat. Jaringan ikat merupakan jaringan yang berperan untuk elastisitas dan kekuatan kulit.

Penipisan kulit, muncul garis-garis halus dan kerutan terjadi ketika produksi kolagen mulai menurun. Oleh sebab itu, kolagen sangat dibutuhkan untuk menjaga kemudaan kulit. Proses penurunan produksi kolagen biasanya terjadi di akhir umur 20-an dan di awal umur 30-an.

Biasanya wanita memakai krim anti aging yang mengandung kolagen sebagai perawatan luar. Tapi ternyata krim-krim perawatan yang mengandung kolagen sama sekali tidak bermanfaat untuk kulit. Seperti dikutip hubpages, alasan produk yang mengandung kolagen tidak bekerja adalah karena molekul kolagen yang terlalu besar sulit masuk ke dalam lapisan kulit.

Perawatan kulit dari dalam ternyata lebih efektif dibanding perawatan dari luar. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang dapat memproduksi kolagen.

Kandungan dari tiga makanan berikut ini akan melindungi dari kerusakan kolagen serta membangun serat kolagen baru.

1. Bawang putih

Bawang putih mengandung belerang yang membantu tubuh Anda memproduksi kolagen. Kandungan lainnya yaitu asam taurine dan lipoid bekerja untuk memperbaiki serat kolagen.

2. Tomat
Tomat mengandung likopen, merupakan kandungan antioksidan tinggi untuk menghambat kolagenases. Kolagenases merupakan enzim yang dapat merusak kolagen.

3. Ikan
Ikan seperti salmon, sarden, makarel dan tuna kaya akan asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Memakan tiga hingga empat ons ikan dua kali seminggu dapat berkontrubusi untuk menutrisi kulit.

Sumber : www.wolipop.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: