Salon Tempat Terbaik untuk Relaksasi


Perempuan harus punya ‘me time’ kata beberapa majalah perempuan sebagai saran untuk menjaga keseimbangan diri diantara berbagai tugas yang ada. Banyak cara untuk melakukannya, salah satu sara yang paling ampuh adalah ke Salon.

Perhatikan, jika akhir minggu atau hari libur semua salon pasti penuh dengan perempuan-perempuan yang ingin memanjakan dirinya di salon. Perhatikan juga status facebook, twitter dan lain sebagainya saat weekend, pasti rata-rata sedang memanjakan diri ke salon.

Ke salon memang menyenangkan, bagaimana tidak disana kita benar benar dimanjakan dengan pijatan seperti creambath, body massage, facial, lulur dan banyak lagi. Bahkan untuk urusan menggunting kuku tangan dan kaki pun kita bisa lakukan disana – beberapa teman pria sempat protes soal manicure-pedicure ini, karena menurut mereka ini bisa dilakukan sendiri dan gratis. Esensinya sebenarnya bukan pada perawatan yang dilakuan, tetapi menikmati dimanjakan oleh tangan-tangan berpengalaman yang melakukan perawatan terhadap kita itu sangat menyenangkan. Ditambah lagi hasil dari perawatan tersebut pasti efeknya sangat menyenangkan buat kita.

Bagi perempuan ke salon tidak hanya sekedar melakukan perawatan, interaksi yang terjadi di salon juga memberikan kesenangan tersendiri. Berbagi dengan stylist atau petugas disana seringkali menciptakan hubungan yang mengarah pada loyalitas terhadap layanan salon itu sendiri. Perawatan di salon tidak harus sendiri, banyak juga yang mengajak saudara atau ibu atau ramai-ramai dengan teman atau sahabat. Kegiatan ini semakin menyenangka tampaknya jika dilakukan beramai-ramai.

Salon sendiri merupakan kegiatan favorit di mana saja terutama untuk perempuan, A.Kaminsky dalam definisinya sendiri mengenai salon kecantikan menyebutkan bahwa “The beauty Salon is where women go to have their hair and nails done, but also a center for community news, confession and general ‘hen parties”. Bisa dikatakan bahwa disini tidak hanya factor perawata yang ada di salon namun interaksi dan koneksi yang terjadi diantara perempuan yang membuata kegiatan perawatan ini sangat diminati.

Kalau melihat pada hasil riset dimana perempuan sangat dekat dengan sahabat mereka dan seringkali melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama mereka, maka kegiatan favorit yang dilakuka perempuan bersama sahabat salah satunya adalah melakukan perawatan di salon. Dari 1301 responden perempuan dalam survey ini, sebanyak 13,6 persen perempuan menyatakan bahwa perawatan ke salon merupakan kegiatan favorit bersama teman. Dalam studi kualitatif sendiri disebutkan bahwa melakukan perawatan bersama teman bisa sambil ngobrol atau bergosip atau juga mencurahkan isi hati dan didukung dengan suasana yang menyenangkan dan membuat santai.

Hal ini sebetulnya menunjukan bahwa salah satu media untuk memberikan eksklusif access bagi perempuan adalah lewat kegiatan menyenangkan yang bertitel perawatan di salon. Kegiatan ini selain memberikan kenyamanan, koneksi, komunitas dan juga values bagi setiap perempuan yang melakukannya. Banyak perempuan bahkan juga percaya bahwa mereka bisa mendapatkan banyak sekali update informasi melalui kegiatan perawatan di salon. Jadi istilahnya bagi perempuan ke salon tidak hanya sekedar urusan menyegarkan tubuh namun jika merelaksasi otak sekaligus menambahnya dengan informasi terkini.

Bagi produk-produk kecantikan perempuan dengan harga yang sangat terjangkau tentu menjadi masalah tersendiri untuk melakukan communitization dengan konsumennya karena switching bisa dengan sangat mudah dilakukan.

Namun hal ini ternyata tidak berlaku untuk produk-produk kecantikan dari Unilever seperti sabun kecantikan Lux dan perawatan kecantikan Citra. Keduanya berupaya membangun connect dengan konsumen mereka yang mayoritas adalah perempuan dengan mendirikan Lux Beauty Lounge dan juga Rumah Cantik Citra. Keduanya menawarkan perawatan memanjakan diri bagi perempuan sekaligus memperkenalkan berbagai varian perawatan tubuh mereka. Dengan memberikan diskon jika mereka membawa serta sahabat mereka untuk melakukan perawatan yang sama. Hal ini tidak saja menciptakan pola hubungan dengan perempuan namun juga membangun loyalitas terhadap produk.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Daihatsu yang bekerjasama dengan Good Year dalam program ‘When Heels Meet Wheels” salah satu kegiatan yang dilakukan untuk menarik perempuan bergabung dengan event ini adalah memberikan perawatan kepada peserta bekerjasama dengan salah satu spa terkenal di Indonesia. maka bisa dikatakan perawatan tubuh di Salon merupakan salah satu desire perempuan. Terdengar biasa-biasa saja, namun jika perawatan salon bagi perempuan ini bisa dikombinasikan dengan berbagai kegiatan yang bisa memberikan update terbaru mengenai produk dan merek kita maka secara tidak langsung akan memberikan kesempatan bagi perempuan untuk memperoleh nilai tambah dari kegiatan menyenangkan ini.

Sampai kapanpun tidak akan ada perempuan yang tidak suka melakukan perawatan di salon. Kegiatan mengasyikkan ini akan selalu menjadi bagian hidup perempuan dimana saja. Maka ketahuilah kembali apa keinginan lain dari perempuan saat mereka melakukan perawatan dan apa yang ingin diperoleh dari kegiatan tersebut hendaklah dipahami sebagai desirenya. Sekali lagi jika anda paham dengan desire perempuan, maka anda tidak hanya akan memenangka hatinya namun perempuan akan suka rela connect dengan produk dan merek anda.

——————-
Artikel ini ditulis berdasarkan analisa hasil riset sindikasi terhadap hampir 1300 responden perempuan di 8 kota besar di Indonesia, SES A-D, Usia 16-50 tahun, yang dilakukan bulan Mei – Juni 2010 oleh MarkPlus Insight berkerjasama dengan Komunitas Marketeers.

Sumber : bisniskeuangan.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: