Beberapa Jenis Susu Hewani Dan Nabati


Susu adalah minuman dengan mempunyai kandungan gizi yang sangat bagus untuk kesehatan. Konsumsi susu setiap hari penting untuk pertumbuhan.

Manfaat yang diberikan susu untuk manusia dapat dilihat dari tahapannya. Untuk bayi baru lahir, susu sangat berperan membantu pembentukan dan perkembangan tubuh. Untuk anak-anak dan remaja, susu merupakan sumber protein, vitamin B12 dan kalsium. Sementara untuk orang dewasa dan lansia, susu merupakan sumber protein, vitamin B12, dan kalsium.

Bila Anda pecinta susu, pasti Anda jeli memilih jenis susu yang akan dikonsumsi anggota keluarga. Memutuskan membeli susu, bukan hanya terbatas pada pertimbangan susu skim atau bebas lemak. Namun, terdapat beragam susu lain yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. Ingin tahu jenis susu lainnya? Berikut ulasan Shape untuk menambah referensi belanja Anda.

Soy milk (susu kedelai)

Susu ini bebas kolesterol dan memiliki lebih sedikit kandungan lemak jenuh. Kedelai kaya protein dan kalium, dan akan membantu Anda tetap langsing. Satu cangkir susu kedelai mengandung 100 kalori dan 4 gram lemak.

Walaupun ada banyak manfaat kesehatan dari susu kedelai, beberapa produsen menambahkan gula untuk mempermanis rasa. Pastikan Anda cermat membaca kemasan saat membeli susu kedelai kemasan.

Almond milk (susu kacang almond)

Susu jenis ini bebas kolesterol sehingga merupakan pilihan baik bagi mereka yang berusaha menjaga kebiasaan makan sehat dan memantau kadar kolesterol. Susu almond rendah kalori (satu cangkir memiliki 60 kalori), tapi tidak memiliki khasiat sebagus susu kedelai yang kaya protein dan kalium.

 

 

Goat milk (susu kambing)

Sebagian orang menyukai susu kambing karena teksturnya. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa susu kambing mengurangi terjadinya alergi. Susu ini juga lebih mudah dicerna daripada pilihan susu lainnya. Satu cangkir susu kambing memiliki kandungan sekira 170 kalori, 10 gram lemak, dan 27 miligram kolesterol.

 

 

Cow milk (susu sapi)

Susu yang selalu menjadi populer adalah susu sapi. Pasalnya, dalam porsi yang tepat, segelas susu sapi menyediakan kalsium, protein, serta vitamin A dan D. Dalam hal pemenuhan kesehatan tubuh, susu sapi memiliki keseluruhan kalori, yakni sekira 80 kalori per cangkir. Jadi, jika Anda ingin membangun kebiasaan makan sehat dan memonitor kolesterol, Anda dapat memilih susu skim atau susu rendah lemak yang kaya protein dan tanpa lemak jenuh.

 

Hemp milk (susu rami)

Susu rami kaya asam lemak omega-3 dan bebas kolesterol. Secangkir susu rami mengandung 100 kalori dan 400 miligram kalsium, jauh lebih besar dari susu sapi. Susu rami berasal dari tanaman ganja berukuran besar.

 

 

 

Sumber : dunia.web.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: