Tips Memilih Mobil (Sadari dan Mengerti Apa yang Anda Butuhkan)


Sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu keinginan Anda, membeli mobil sesuai dengan kebutuhan. Keputusan awal  ini penting sebelum Anda menjatuhkan pilihan pada jenis mobil tertentu. Jadi, mengapa harus terburu nafsu membeli sebuah roadcoster jika keluarga nda (sebetulnya) membutuhkan mobil ideal sejenis MPV. Untuk itu sebaiknya lakukan langkah-langkah bijak berikut ini :
?    Seberapa luaskah kabin yang Anda perlukan? Apakah sehari-hari cukup dengan jok baris kedua, sementara jenis MPV kompak kapasitas 5-seater dirasa sempit bagi keluarga Anda?
?    Pastikan Anda membutuhkan mobil harian dengan ruang yang lega dan lebih menyenangkan bila dipakai belanja mingguan ke supermarket.
?    Sejauh mana pemakaian mobil Anda sehari-hari? Mobil berukuran kecil sepertinya lebih cocok untuk dalam kota. Namun kalau Anda sering keluar kota, rasanya perlu tambahan tenaga dan kenyamanan berkendara.
?    Berpa banyak jarak tempuh rata-rata pemakaian mobil Anda? Ingat, semakin banyak jumlah kilometer berkaitan pula dengan tambahan biaya perawatan.
?    Apakah penampilan mobil Anda berpengaruh pada Anda? Umumnya, rata-rata pemakaian mobil bermesin 1.600cc ketimbang yang 2.000cc berkisar 3 tahun.
?    Apakah faktor pengaman menjadi prioritas Anda? Apakah kelengkapan Air Bag yang banyak hingga standar pengamanan terbaik Eropa NCAP menjadi syarat mutlak bagi Anda?

Mobil Anda dan Gaya Hidup Anda?

Banyak ragam pertanyaan ketika mobil menjadi bagian dari kebutuhan dan gaya hidup manusia modern. Bisakah di mobil disediakan taman dengan tanaman bunga, mengambil sedikit ruang dibelakang, dan apakah impian ini bisa di wujudkan di mobil SUV? kalau Anda misalnya sedang melakukan refinishing kamar mandi, lantas bagaimana mobil yang pantas untuk mengangkut whirpol tub? Apakah mobil hanya digunakan utnuk keperluan pergi ke toko hardware untuk mengangkut perkakas rumah?
Memang luarbiasa, begitu banyak cara pandan berbeda mengenai manfaat mobil bagi Anda. Belakangan ini, perkembangan internet yang kontinyu makin memudahkan Anda mencari data dengan cepat, sehingga muncul pertanyaan nyeleneh : bisakah kepandaian Anda yang beraneka ragam disekeliling rumah diaplikasikan pada keanekaragaman kreatifitas di kendaraan Anda? Tunggu tanggal waktunya saja apakah mobil dengan konsep baru itu bisa menggantikan mobil lama Anda mengikuti kebutuhan gaya hidup “do it your self”. Masih adakah pemikiran lain Anda, misalnya :
•    Saya ingin mobil yang punya tempat penyimpanan lebih banyak
•    Saya perlu mobil dengan kapasitas towing lebih banyak
•    Saya suka mobil untuk camping
•    Bukankah lebih bagus kalau punya banyak kursi, dan saya bisa bawa keluarga beserta teman-teman?
•    Apakah mobil saya bisa diisi bensin lebih banyak lagi?

Jika gagasan-gagasan tersebut terkait dengan aktifitas harian Anda, berawal dari ‘do it your self’ tadi, maka mobilpun bisa dibuat lebih nyaman, aman dan menyenangkan.
Dengan mengevaluasi makna gaya hidup Anda, sebaiknya buatlah daftar apa yang Anda inginkan. Tergantung pada situasi sekarang dan antisipasi setiap perubahan ke depan. Bisa saja terjadi seandainya anak Anda punya rencana tahun depan suka dengan permainan cello, sepertinya mobil berukuran kecil bukanlah pilihan yang tepat. Lain lagi jika bicara seorang sukarelawan yang sehari-harinya mengantarkan makanan, tentu pilihan terbaik kalau tidak mobil SUV ya Pic Up.

Nah, dibawah ini ada beberapa pilihan karakter mobil yang bisa menjadi pertimbangan gaya hidup Anda :
•    Model bodi-MPV, SUV, Crossover, PickUp, truck, Convertible, Sedan
•    Banyaknya tempat penyimpanan barang
•    Kapasitas tempat duduk
•    Bisa dipakai kegiatan outdoor (off-road, camping, dan lainnya)
•    Ukuran Mesin (4, 6, 8 Silinder)
•    Sistem penggerk roda (2WD, 4WD atau AWD)
•    Hemat BBM
•    Jumlah pintu
•    Fitur keamanan (airbag samping, kontrol traksi, ABS, dan lainnya)

Setelah anda mengenali karakteristik mobil nyang dicari, Anda sudah bisa mulai memproses pembeliannya. Beberapa tahun yang lalu, par calon pembeli mobil baru sudah mengenal layanan previously-owned car. Anda akan medapatkan sertifikat jaminan kendaraan pilihan Anda akan siap tepat waktu, setelah mendapat persetujuan dari pabrik dn dilakukan pengetesan serta inspeksi. Bentuk pelayanan ini merupakan kemajuan industri otomotif di masa depan.
Dalam skala konsep ’do it your self’ tadi, fasilitas internet sangat membantu memudahkan Anda dalam melakukan proses pembelian mobil di dunia maya, beberapa perusahaan menyediakan layanan pre-owned secara online, sehingga sangat membantu memudahkan pencarian segala informasi yang Anda butuhkan. Membandingkan banyak tipe mobil sejenis dan membaca informasinya mendetail.
Begitu Anda memutuskan mobil mana yang dicari-baru, bekas(seken) atau yang bersertifikat pre-owned dan sudah menentukan modelnya, Anda pun bisa sekaligus mengecek jaminan assuransinya apakah berkurang atau tidak. Jika ya, bisa jadi karena minim piranti keselamatan seperti side impact beam air bag, ANS, rollover protection, kontrol traksi atau fitur lainnya. Hal ini bisa disebabkan mobil Anda dinilai lebih rendah oleh pihak Assuransi.
Selalu diingat, meskipun internet memberikan kemudahan dan efesiensi akses menemukan mobil yang ideal dengan gaya hidup Anda, toh masih diperlukan cara lama mendatangi dealer dan melakukan serangkaian test drive sebelum Anda membelinya!.

____________________________________________________________________________

____________________________________________________________________________

Sumber : www.toyotasolo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: