Slruup..Hangat Gurih Eggnog Di Hari Natal

eggnog

Minuman yang satu ini selalu jadi sajian di hari Natal. Terbuat dari susu dan telur plus rempah dan dihirup saat masih hangat mengepul. Cocok sebagai pengusir hawa dingin di malam hari. Kecuali itu minuman ini juga sangat sehat dan bernutrisi!

Di Eropa biasanya Natal dilewatkan dengan minuman khas, eggnog. Arti harafiahnya ‘mangkuk kecil’ karena minuman ini sejak abad 17 disajikan dalam mangkuk kecil. Minuman  berwarna kekuningan terbuat dari susu, kuning telur, rempah dengan campuran minuman beralkohol seperti whisky, rhum atau brandy.

Eggnog dibuat dari kuning telur yang dikocok ditambah air dan gula atau susu. Selain rasanya gurih segar. Tambahan rempah sepeerti kayu manis dan minumana beralkohol membuat tubuh menjadi hangat setelah meminumnya. Apalagi cuaca di Eropa saat Natal, biasanya dingin dan berangin.

Orang Jerman membuat eggnog dari bir yang dididihkan, dan menyebutnya biersuppe (sup bir). Sebelum dicampurkan ke dalam bir, kuning telur dikocok dengan susu. Selain ditambah gula, ke dalam minuman ini ditambahkan parutan kulit jeruk dan bubuk kayu manis.

Eggnog pertama diperkenalkan pada awal abad ke-17. Ketika itu, eggnog diminum saat bersulang untuk kesehatan peminumnya. Minuman ini diperkirakan dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Eropa. Minuman ini akan makin enak jika ditambahkan   vanili bubuk, pala atau kayu manis didalamnya.

Bagi Anda yang tidak suka minuman beralkohol, tidak perlu repot. Eggnog, pada dasarnya adalah minuman musim dingin dan bermanfaat untuk menghangatkan tubuh. Anda bisa membuatnya di rumah tanpa tambahan minuman beralkohol. Rempah seperti jahe, kayu manis dan pala bisa jadi pengganti. Aroma eggnog juga makin wangi dan enak!

Sumber : www.detikfood.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: