8 Cara Singkirkan Sakit Kepala


SAKIT kepala atau migren memang tidak mematikan, tapi mengurangi kualitas hidup seseorang. Sebab, tidak ada orang yang nyaman beraktivitas saat rasa sakitnya menyerang.

Coba Anda gunakan satu dari delapan cara untuk menyingkirkan sakit kepala. Berikut, seperti dilansir dari Allwomenstalk.

Minum air

Sakit kepala biasanya disebabkan oleh dehidrasi. Kemungkinan besar sel-sel tubuh Anda membutuhkan lebih banyak air untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Minumlah beberapa gelas air agar sakit kepala tidak berlangsung lama, bukan minum ibuprofen atau aspirin.

Meregangkan otot bahu dan leher

Beberapa sakit kepala disebabkan oleh ketegangan. Otot-otot leher dan bahu menegang saat Anda stres. Otot-otot ini biasanya menyebabkan sakit kepala ringan, tetapi diketahui juga menyebabkan sakit kepala intens.

Sebagai bentuk rileksasi dari ketegangan, cobalah miringkan kepala hingga Anda bisa merasakan otot-otot di dasar leher sedikit ketarik. Lakukan bergantian pada sisi kiri dan kanan, tapi lakukan perlahan untuk menghindari cedera.

Atur pernapasan

Latihan pernapasan dalam dapat melepaskan banyak ketegangan dalam tubuh. Tutup mata dan bernafas dalam-dalam untuk beberapa kali. Pastikan untuk menghirup dan menghembuskan napas sangat lambat.

Proses meditasi ini bekerja dengan baik bagi sebagian orang. Mungkin sulit jika Anda mudah terganggu oleh hal-hal yang terjadi di sekitar Anda. Jadi, carilah tempat yang tenang.

Kompres dingin

Anda bisa pakai gel bungkusan, sekantong kacang polong, atau seplastik nugget yang baru dikeluarkan dari freezer untuk mengompres kening Anda. Setelah kompres dingin, lakukan beralih ke kompres hangat (handuk yang telah direndam dengan air hangat).

Berjalan-jalan

Kalau sakit kepala mendera, Anda butuh udara segar untuk merilekskan kepenatan. Jika Anda berjalan ke luar ruangan dan segera merasakan sakit kepala mereda, bisa jadi sakit kepala Anda disebabkan oleh lingkungan. Berjalan juga merupakan cara yang bagus untuk bersantai dan melepaskan stres, misal bersama anjing peliharaan.

Minum teh feverfew

Tanaman mirip bunga daisy ini berkhasiat mengobati sakit kepala. Biasanya, feverfew dijual di toko herbal dalam bentuk teh dan sangat bagus jika diminum dengan madu.

Konsumsi obat penghilang sakit kepala

Saat sakit kepala begitu kuat menyerang, konsumsi obat penghilang rasa sakit bersama segelas air minum, lalu tidur. Jangan terlalu banyak mengonsumsi karena efek jangka panjangnya menyerang hati dan ginjal. Konsumsi hanya bila diperlukan.

Minta seseorang untuk memijat

Sentuhan lembut juga obat mujarab. Minta orang lain melakukannya agar Anda bisa rileks. Pijatan di bahu dan/atau leher sangat pas untuk meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan. Pijat juga bagian yang terserang sakit kepala dalam gerakan melingkar dengan ujung jari telunjuk.

Sumber : lifestyle.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: