Inilah Tips Sehat Memilih Menu Makanan Cepat Saji Agar Tidak Menjadi “Benalu”

Tips Sehat Memilih Menu Makanan Cepat Saji

Apa alasan Anda masih mengonsumsi makanan cepat saji (fast food), seperti restoran burger? Jika memang kondisinya mendesak, Anda begitu lapar dan tak menemukan makanan sehat, atau Anda sedang dalam perjalanan, boleh saja memilih restoran fast food. Akan tetapi, terapkan aturan main mengonsumsi fast food yang lebih menyehatkan.

Awali dengan salad
Saat memilih restoran fast food, menu pertama yang harus Anda makan adalah salad. Sayuran segar ini membuat Anda kenyang dan asupan serat yang dibutuhkan tubuh terpenuhi.

Pilih ayam daripada hamburger
Restoran yang identik dengan menu burger sekalipun punya pilihan menu lain, seperti sandwich ayam atau menu ayam lain, seperti chicken strips dan chicken wing. Ayam mengandung lemak dan kalori lebih rendah dibandingkan dengan burger. Situs web diet Dr Gourmet menuliskan, masakan ayam yang empuk memberi Anda asupan 180 kalori dan 11 gram lemak dalam satu sajian. Jika Anda memilih sandwich dengan isi ayam, Anda mengasup 300 kalori, sudah termasuk mayones dan salad. Paling aman konsumsi dada ayam, bukan sayap atau paha.

Pilih menu untuk anak-anak
Jangan malu memilih menu anak meskipun Anda tidak membawa anak kecil. Menurut HelpGuide.org, kebanyakan restoran fast food menyediakan porsi menu yang melebihi rekomendasi standar untuk satu sajian. Artinya, kandungan protein, lemak, dan karbohidrat yang disajikan dalam satu menu orang dewasa jauh lebih banyak daripada yang seharusnya. Jadi, pilih menu anak yang porsinya lebih kecil dengan kandungan nutrisi yang sesuai standar.

Tahan godaan kentang goreng
Meski harus makan di restoran fast food, sebaiknya hindari kentang goreng jika ingin bebas lemak dan diet kalori. Kentang goreng mengandung 220 kalori serta lemak tinggi karena digoreng dengan rendaman minyak. Anda harus tahan godaan karena biasanya kentang goreng menjadi menu utama saat makan di restoran fast food.

Tinggalkan mayonesDavid Zinczenko dan Matt Goulding dalam buku Eat This Not That! Restaurant Survival Guide mencontohkan kandungan mayones pada menu sandwich di sebuah restoran burger terkenal yang mengandung 160 kalori. Anda bisa mengurangi asupan kalori berlebihan saat makan fast food dengan tidak mengonsumsi mayonesnya.

Sumber : serbaterlalu.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: