Aerobik Bikin Otak Tangkas


Cara terbaik untuk mengatasi kebosanan adalah dengan memvariasikan gerakan aerobik.

Keuntungan berolahraga dengan tipe aerobik sudah menjadi pembicaraan sejak lama. Tak heran hingga kini para ibu-ibu masih banyak yang melakukannya bersama teman-teman geng-nya. Selain membuat tubuh lebih sehat dan membantu aliran darah, aerobik juga membantu otak lebih tangkas.

Menurut studi yang tercatat di Archives of Neurology, melakukan aerobik bisa meningkatkan kemampuan kognitif, sehingga mencegah penuaan pada otak. Di usia mapan, kita akan mengalami masalah pada memori dan menemukan bahwa berpikir saja sudah membuat kita kelelahan. Beraktivitas fisik bisa memperlambat proses ini, bahkan memutarbalikkan. Studi juga mengatakan bahwa aktivitas fisik ringan, seperti berjalan kaki perlahan, joging, dan renang, bisa membantu perkembangan masalah tadi.

Kepala riset ini, Laura Baker mengatakan bahwa aerobik merupakan salah satu cara efisien untuk para senior menjaga kemampuan berpikir mereka. Olahraga aerobik yang intensif untuk selama beberapa bulan bisa meningkatkan konsentrasi, perhatian, dan kemampuan untuk mengingat beberapa hal dalam waktu bersamaan. Mereka yang memiliki masalah kognitif ringan disarankan untuk menjaga kondisi dengan aerobik, dan studi juga mengatakan bahwa perempuan merespon lebih baik terhadap aerobik ketimbang laki-laki.

Sumber : female.kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: