Daya Tarik Koh Chang

Daya Tarik Koh Chang

Daerah seluas 429 kilometer persegi ini disebut Koh Chang, atau Pulau Gajah, karena suatu alasan. Bukan karena ukurannya, tetapi lebih karena bentuk pulaunya yang menyerupai gajah. Terletak di provinsi paling timur Thailand, berbatasan dengan Kamboja, Koh Chang menjadi taman nasional Thailand ke 45.

Dikelilingi oleh lebih dari 40 pulau kecil, Mu Koh Chang menjadi Taman Nasional pada 1982. Di Koh Chang Anda bisa mengharapkan lingkungan yang masih asri dan tenang, keajaiban yang akan memesona para wisatawan. Jadi pulau ini bukan seperti tempat wisata lain, yang memiliki banyak hotel bintang lima, resort dan bar, namun pulau bergunung yang damai dengan pasir pantai seputih mutiara, perairan berkarang dan air terjun spektakuler.

Pantai Menakjubkan

Tidak semua pantai indah berada di Thailand selatan. Di Koh Chang, Anda dapat memilih untuk berjemur di atas pasir putih lembut di Pantai White Sand yang terkenal, lengkap dengan toko-toko, restoran dan berbagai akomodasi. Atau Anda dapat menikmati Pantai Klong Prao yang tidak terlalu ramai, tempat di tepinya terletak banyak hotel mewah. Kai Bae Beach adalah tempat populer lain untuk para pelancong karena aman untuk berenang, dan banyak bungalow murah di dekatnya.

`

Tempat Penyelaman Bersejarah

Koh Chang merupakan daerah strategis pada Perang Indochina, dan menjadi medan pertempuran utama antara Angkatan Laut Prancis dan Angkatan Laut Thailand. Songkhla dan Chonburi, dua bangkai kapal perang di laut dekat laut Ao Salak Phet menjadi tempat menarik untuk penyelaman. Mereka yang tidak terlalu suka berpetualang bisa memilih snorkeling, dan laut di sekitar Koh Chang memiliki keanekaragaman laut berlimpah. Setelah melihat lokasi pertempuran antara kapal perang tua itu, kunjungi juga monumen Battle of Koh Chang guna mengetahui sejarah lengkap pulau ini.

Menjelajahi Laut

Sewa perahu dan kunjungi pulau-pulau kecil lainnya di dalam taman nasional, banyak yang bisa menandingi kecantikan Koh Chang. Jika Anda punya banyak waktu, cobalah bersantai dengan perahu layar sambil menghirup angin laut yang sejuk dan berasin di tengah langit jingga saat matahari terbenam. Tempat beradanya kapal-kapal itu adalah di Pantai White Sand, Klong Prao, Kai Bae dan Bang Bao.

Air Terjun

Di hutan tropis Koh Chang kita dapat menemukan banyak air terjun. Salah satu yang harus dilihat adalah Than Mayom, air terjun empat tingkat yang hampir tegak lurus dari karang granit hitam yang curam. Dua raja Thailand, Raja Rama V dan Raja Rama VI bahkan membuat inisial nama mereka di puncak tebing. Tidak jauh dari situ, terdapat air terjun tiga tingkat Klong Phlu yang terkenal karena keindahannya.

Menunggang Gajah

Salah satu jenis transportasi yang memungkinkan Anda bisa pergi jauh ke dalam hutan untuk dapat menikmati berbagai pemandangan memukau, adalah dengan menunggang gajah. Sesuai namanya Pulau Gajah adalah habitat bagi banyak gajah yang siap melayani para wisatawan. Hewan menarik ini ramah dan kuat, dan dapat dengan mudah membawa Anda ke tempat-tempat terindah di hutan Koh Chang.

Surga Trekker

Untuk yang lebih memilih trekking, Koh Chang adalah surganya. Dengan hutan tak tersentuh yang kaya akan binatang liar, hiking pasti akan jadi aktivitas menarik, dengan rute mulai dari yang sederhana sampai menantang. Rute terbaik terletak di setengah bagian selatan pulau, tempat Anda dapat melihat binatang seperti macaque, kera berbulu perak, dan musang Jawa, di antara banyak binatang lain!

Kehidupan Desa Tradisional

Karena terisolasi, penduduk Koh Chang mampu mempertahankan gaya hidup tradisionalnya yang tentu akan menarik. Anda dapat merasakan kehidupan sehari-hari nelayan di kampung Bang Bao, di mana penduduknya tinggal di rumah-rumah yang dibangun di atas laut serta saling terhubung oleh jembatan. Di kampung Kok Salak, warga masih tetap mempertahankan kehidupan tradisionalnya.

Sumber : id.travel.yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: