Hadang Stres Kala Berkendara Sendiri


BERKENDARA butuh energi dan konsentrasi tidak sedikit, apalagi di Jakarta yang terkenal macet. Kalau lalu lintas jalan raya membuat Anda stres, pahami trik bila harus berkendara sendiri.

1. Cobalah untuk berpikir positif. Sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan bahwa emosi yang tidak stabil dan matang memperbesar potensi terjadinya kecelakaan lalu-lintas. Ketidaksabaran menjadi ancaman tersembunyi bagi kesehatan, karena sifat ini dapat mengaktifkan sistem kardiovaskuler secara terus menerus. Selanjutnya tekanan darah akan cepat naik, kecepatan pernapasan akan meninggi dan otot menjadi tegang. Begitu juga dengan rasa bosan.

Sejumlah penelitian memperlihatkan adanya keterkaitan antara rasa bosan dan sakit kepala yang diderita seseorang. Rasa bosan bisa melahirkan emosi negatif pada tubuh, sehingga dengan mudah meningkatkan stres dan memperlemah sistem kekebalan tubuh.

2. Saat terjebak macet, jangan terlalu fokus terhadap antrean kendaraan yang ‘mengular’ di depanCoba alihkan pandangan dan pikiran ke arah bangunan-bangunan yang ada di sekitar kendaraan Anda.

Cobalah menghibur diri dengan melihat grafiti-grafiti kreatif, lucu dan unik yang biasanya ada di pinggir jalan raya. Ingat, keselamatan berkendara tidak hanya ditentukan oleh sistem keamanan yang telah tersedia di mobil, kondisi psikologis pengendara sebagai orang yang berada di balik kemudi pun memainkan peranan penting.

3. Saat kendaraan Anda benar-benar stuck, manfaatkan untuk mengisi perut Anda. Perbekalan yang telah disiapkan jangan disia-siakan. Jika perut sudah kenyang pasti Anda lebih tenang melanjutkan perjalanan kan?

4. Nyalakan radio atau CD player untuk menenangkan pikiran. Pasang lagu-lagu favorit, CD instrumental atau CD motivasi yang saat ini banyak dijual di pasaran.

5. Jika sebelum menempuh perjalanan Anda sudah mendapat kabar bahwa jalanan macet, tak ada salahnya memanfaatkan kapasitas mobil dengan berbaik hati mengajak orang lain (saudara atau teman) yang tujuannya searah untuk berkendara bersama. Memperbincangkan hal-hal yang menyenangkan bersama mereka akan membuat Moms and Dads lebih rileks menghadapi kemacetan loh!

Sementara bila Anda memakai jasa sopir untuk membawa mobil, berikut triknya:

1. Caritahu penyebab kemacetan yang terjadi melalui internet, siaran radio atau televisi di mobil Anda. Biasanya, setelah mengetahui penyebab kemacetan yang dialami maka pikiran Anda akan lebih tenang.

2. Dengarkan musik atau tontonlah film! Perlengkapan audio-video dapat membantu mengalihkan perhatian dari kondisi jalan yang sedang Anda hadapi. Karena itu, jangan lupa menyimpan CD lagu-lagu kesukaan Anda di mobil.

3. Ajaklah sopir Anda mengobrol untuk mencegah kantuk dan bosan. Mungkin inilah saatnya mengenal lebih dalam orang yang sehari-hari berjasa mengantar Anda, sekaligus belajar berempati.

3. Untuk menenangkan diri, konsumsi makanan kecil berbahan dasar cokelat. Pasalnya berdasar penelitian, zat theobromine dalam cokelat dapat menstimulasi jaringan saraf dan jantung yang membuat seseorang terjaga dan bersemangat.

4. Membacalah! Dengan begitu, waktu Anda tak terbuang sia-sia di jalan. Selain mengalihkan pikiran dari kemacetan, Anda pun mendapat banyak ilmu dari bacaan tersebut.

5. Jika semua hal telah dilakukan tapi kendaraan tak kunjung keluar dari kemacetan, sebaiknya pejamkan mata Anda sejenak. Selain dapat merelaksasi tubuh dan pikiran, saat terbangun dari tidur siapa tahu Anda sudah terbebas dari kemacetan.

Sumber : lifestyle.okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: