Sembilan Pengubah Suasana Hati

Sembilan Pengubah Suasana Hati

Makanan tak hanya menjadi sumber utama dalam memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi tubuh setiap hari, tetapi juga dapat menjadi pengubah suasana hati.
Di saat saat tertentu, adakalanya kita membutuhan beberapa jenis makanan yang dapat menyeimbangan atau memperbaiki mood yang sedang turun. Inilah beberapa makanan yang diyakini dapat memperbaiki dan mengubah suasana hati Anda  :

1.    Popcorn
Makanan favorit saat nonton film di bioskop ini ternyata bisa mengubah suasana hati jadi lebih cerah. Namun, ingatlah untuk hanya mengonsumsi popcorn rendah lemak. Jangan tambahkan butter atau lemak jenuh. Popcorn baik untuk meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati.

____________________________________________________________________________

2.    Kopi
Satu atau dua cangkir kopi sebelum siang hari adalah dewa penolong buat pencinta kopi. Penelitian jelas membuktikan bahwa kafein meningkatkan kinerja fisik dan mental, jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kopi latte adalah minuman yang instan bikin hati jadi lebih riang. Espresso juga baik untuk meningkatkan suasana hati, asalkan Anda tak terlalu banyak mengonsumsi kafein. Anda sendiri yang bisa menentukan berapa kafein yang boleh dikonsumsi, sehingga tak menimbulkan kegugupan dan gangguan kesehatan lain. Waktu terbaik minum kopi adalah sebelum makan siang. Lalu, beralihlah ke teh hijau atau air putih sesudah makan siang.

____________________________________________________________________________________________

3.    Susu rendah lemak
Ini adalah minuman yang bisa bikin Anda merasa enak. Susu yang sehat adalah yang rendah lemak. Minumlah satu atau dua gelas susu sehari.

____________________________________________________________________________________________

4.    Telur
Makanan ini baik untuk otak dan temperamen Anda. Makanlah satu telur, termasuk kuningnya, di pagi hari jika mungkin. Itu karena kuning telur mengandung lesitin yang bagus untuk sel-sel otak. Telur ini bisa dimasak dalam bentuk apa saja, asalkan jangan terlalu sering digoreng.
Waspadai kuning telur karena bisa meningkatkan kadar kolesterol dan risiko serangan jantung. Konsultasi dengan dokter mengenai seberapa sering Anda boleh mengonsumsi kuning telur dalam seminggu.

____________________________________________________________________________________________

5.    Minuman cokelat panas
Fitokimia yang ditemukan pada biji cokelat diketahui positif meningkatkan suasana hati dan merendahkan tekanan darah. Minumlah secangkir cokelat panas sebelum tidur, supaya tidur jadi semakin nyenyak.

____________________________________________________________________________________________

6.    Cokelat
Makanan ini jadi favorit banyak orang di kala hati sedang sedih. Pilihlah dark chocolate daripada milk chocolate. Kalau bisa, pilih dark chocolate dengan kadar 70 persen. Makanlah sedikit-sedikit. Jika langsung mengonsumsi banyak, suasana hati Anda memang membaik, tetapi dengan cepat akan sedih kembali.

____________________________________________________________________________________________

7.    Kacang-kacangan
Peneliti Richard Mattes dari Purdue University melakukan riset yang berkaitan dengan rasa kenyang. Ia menemukan bahwa orang merasa lebih kenyang, jauh dari rasa lapar dan stres jika makan segenggam kacang sebelum makan. Kacang juga bagus untuk otak karena mengandung zat kimia bernama choline.

____________________________________________________________________________________________

8.    Gandum
Pilih beras merah, roti gandum atau pasta gandum dan sereal sarapan yang mengandung lebih banyak serat daripada gula. Makanan tinggi serat dan rendah gula dipercaya membantu menjaga suasana hati, khususnya di jam-jam setelah sarapan atau makan siang.

____________________________________________________________________________________________

9.    Jus anggur
Minuman ini sama dengan anggur merah, mengandung polifenol yang menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan stroke. Selain itu, jus anggur juga membantu menjaga suasana hati Anda dan mencegah penuaan pada otak.
Peneliti di the Tufts pernah mengevaluasi efek jus anggur pada otak tikus. Para peneliti yakin bahwa efek jus anggur pada tikus itu sama dengan pada manusia. Kuncinya adalah minum jus murni tanpa tambahan gula dan tidak mengupas kulitnya.

Sumber : kawatduriku.blogspot.com

9.    Jus anggur
Minuman ini sama dengan anggur merah, mengandung polifenol yang menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko serangan stroke. Selain itu, jus anggur juga membantu menjaga suasana hati Anda dan mencegah penuaan pada otak.
Peneliti di the Tufts pernah mengevaluasi efek jus anggur pada otak tikus. Para peneliti yakin bahwa efek jus anggur pada tikus itu sama dengan pada manusia. Kuncinya adalah minum jus murni tanpa tambahan gula dan tidak mengupas kulitnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: