Apa Jadinya Bila Punya Pori-pori Kulit Besar?


Banyak orang yang mengeluh memiliki pori-pori kulit besar terutama kulit wajah. Pori-pori kulit yang besar diketahui dapat menyebabkan beberapa masalah kulit. Apa saja?

Pada dasarnya pori-pori adalah pembukaan folikel (kantong kelenjar) ke permukaan kulit. Pori-pori ini berfungsi sebagai jalan keluar minyak dan tumbuhnya rambut.

Dengan kata lain, pori-pori adalah bukaan kecil pada kulit yang dapat melewatkan minyak kulit yang baik (juga dikenal sebagai sebum) dan rambut mencapai permukaan kulit.

Pori-pori dikatakan besar bila ukurannya lebih besar dari folikel rambut rata-rata. Hal ini biasanya sering terjadi di kulit wajah, terutama di sekitar hidung dan pipi.

Berikut beberapa dampak yang dialami bila pori-pori kulit membesar, seperti dilansir Livestrong, Rabu (9/2/2011), yaitu:

1. Minyak berlebih

Pori-pori berfungsi untuk jalan keluar minyak atau sebum mencapai lapisan atas kulit yang dapat membuat kulit terasa halus. Tapi bila jalan keluar tersebut membesar, maka minyak yang mencapai lapisan kulit pun semakin banyak. Kondisi inilah yang dikenal sebagai wajah berminyak.

2. Mudah berjerawat dan komedo
Pori-pori yang besar memudahkan kotoran, debu dan sisa make up berperangkap di lapisan atas kulit. Hal ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan membuat kulit mudah timbul jerawat dan komedo.

3. Tumbuh lebih banyak rambut
Pori-pori yang sangat kecil membuat rambut kesulitan untuk mencapai permukaan kulit. Sebaliknya, bila Anda memiliki pori-pori yang besar, maka rambut atau bulu yang tumbuh di atas kulit akan semakin banyak.

Apa yang menyebabkan pori-pori membesar?

1. Genetik
Beberapa orang terlahir dengan ukuran pori-pori yang lebih besar. Menurut skincancerconnection.com, bila Anda memiliki orangtua dengan pori-pori besar dan berminyak, maka kecenderungan memiliki pori-pori besar semakin tinggi.

2. Matahari
Paparan sinar matahari dapat meningkatkan ukuran pori-pori. Ketika berada di bawah sinar matahari dapat menyebabkan kerutan dan kendur pada kulit. Dengan hilangnya elastisitas kulit, maka dinding pori-pori sehingga membuatnya melebar. Gunakan tabir surya dengan SPF 15 untuk mencegah membesarnya pori-pori karena matahari.

3. Merokok
Meski tidak langsung mempengaruhi ukuran pori-pori, merokok dapat menyebabkan kerutan dan menurunkan kemampuan kulit untuk menyembuhkan luka. Hal ini pada akhirnya dapat memperbesar pori-pori.

4. Hormon
Perubahan hormon pada saat menopause dan selama siklus haid, khususnya pada saat ovulasi, dapat meningkatkan ukuran pori-pori wajah pada wanita. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology pada tahun 1995 menunjukkan bahwa hormon yang dihasilkan selama produksi ovulasi meningkatkan sebum dan melebarkan pori-pori.

5. Penuaan
Usia juga menyebabkan pori-pori wajah membesar. Ini termasuk kerusakan akibat sinar matahari dan kehilangan elastisitas.

6. Kurangnya pengelupasan kulit
Sel-sel kulit mati yang tertinggal di kulit dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat memperbesar ukurannya. Terlalu banyak minyak dan kotoran di wajah, yang dapat terjadi karena kegagalan untuk menghapus makeup atau jarang mencuci wajah, juga dapat menyebabkan pori-pori terlihat lebih besar.

Bagaimana cara mengecilkan pori-pori?

  1. Bersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih ringan dan air hangat. Jika perlu gunakan pembersih yang mengandung vitamin C. Setelah dibersihkan, tuntaskan dengan dibilas dengan air dingin untuk mengecilkan pori-pori kembali.
  2. Gunakan produk yang mengandung retinol, turunan dari vitamin A.
  3. Lindungi kulit dengan menggunakan tabir surya dengan SPF 15
  4. Lakukan scrub atau pengelupasan kulit mati sekali atau dua kali seminggu

Sumber : health.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: