Cara Memilih Perhiasan Mutiara

Cara Memilih Perhiasan Mutiara

Mutiara dari selatan, bukan sekadar judul lagu. Bulir mutiara dari pantai laut bagian selatan, dikenal sangat berkualitas.

Charles Chan, pakar perhiasan dari Singapura, menyatakan kualitas mutiara sangat bergantung pada keharuman mereka, kualitas permukaan, bentuk, dan warna. “Laut Selatan mutiara sangat berharga dan memiliki reputasi sebagai ‘ratu mutiara ‘. Laut Selatan mutiara memiliki kualitas dan luminositas yang tinggi,” katanya, seperti dikutip AsiaOne.com.

Mutiara Laut Selatan ukuran 11mm -15mm adalah yang paling populer untuk perhiasan.

Mutiara lain yang bermutu tinggi adalah mutiara Akoya, yaitu mutiara air asin dari tiram Akoya. Mutiara Akoya umumnya bulat dalam bentuk dan warna mereka berkisar dari cahaya merah muda menjadi putih atau krem. “Mutiara Akoya yang diameternya lebih besar dari 10 mm sangat langka,” tambahnya.

Selain itu, ada juga mutiara air tawar dari Cina dan mereka cenderung lebih teratur di
bentuk dan beragam dalam warna dibandingkan dengan mutiara air asin. Gradasi mutiara air tawar juga variabel lebih dari itu mutiara air asin karena mutiara air tawar lebih berwarna dan datang dalam berbagai bentuk.

Chan menyatakan, mutiara tak sekadar anggun untuk perhiasan, tapi juga bernilai investasi. Mutiara yang berkualitas, harganya makin meningkat seiring waktu.

Berikut tips Chan saat kita membeli perhiasan mutiara:

*  Amati tekstur dan bentuk mutiara ketika membeli perhiasan yang mengandung mutiara. Mutiara harus bebas noda dan halus. Lengkung dan mutiara lebih berat sering memiliki kualitas yang lebih baik.

* Kualitas mutiara juga dapat diperpanjang dengan memastikan bahwa mereka tidak bersentuhan dengan zat kimia seperti parfum dan bedak.

* Mutiara yang bulatannya besar lebih baik. Namun, mereka tidak selalu yang terbaik ketika berbicara tentang keunikannya. Mutiara dengan bentuk khas biasanya memberikan desainer dengan lebih banyak ruang untuk berkreasi. Desain yang lebih unik membuat mutiara semakin tinggi nilainya.

Sumber : www.republika.co.id

Comments
One Response to “Cara Memilih Perhiasan Mutiara”
  1. JURAGAN MUTIARA Lombok says:

    Sistem grading atau pengujian kualitas mutiara yang selama ini ada dua pemahaman atau aliran. Yang pertama: AAA-A (AAA kualitas terbaik, A kualitas buruk). Sistem grading dengan sistem AAA-A ini adalah sistem kualifikasi kualitas mutiara yang lebih dulu ada. Yang kedua: A-D (A kualitas terbaik, D kualitas buruk). Sistim kualifikasi ini banyak dipakai untuk mengkualifikasi mutaira Akoya dan mutiara air tawar.

    Namun demikian, meskipun hanya ada dua sistem grading akan tetapi fleksibilitas dalam menentukan kualitas mutiara masih sangat tinggi. Seringkali pemahaman setiap orang yang berbeda-beda dalam menempatkan kelas mutiara mengakibatkan terjadinya perbedaan standarisasi dari orang yang lainnya. Sederhananya, pihak X mengkategorikan sebuah mutiara memiliki kualitas AAA namun pihak Y mengkualifikasinya dalam kategori AA, dst. Bahkan ada penjual mutiara yang menambah-nambahkan dengan mengkategorikan mutiaranya sebagai AAAA atau AAA+ sehingga bahkan untuk dua aliran grading di atas (AAA-A dan A-D) sering diubah sekehendak hati.

    Secara detail, kualifikasi mutiara menurut sistem AAA-A adalah sebagai berikut:
    – AAA: Mutiara kualitas terbaik, tanpa bercak. Sangat berkilau dan setidaknya 95% permukaan tak cacat.
    – AA: Sangat berkilau dan 75% permukaan tak cacat.
    – A: Mutiara perhiasan kelas terendah, kilau kurang dan >25% permukaan mutiara bercacat

    Sedangkan sistem A-D adalah sebagai berikut:
    – A: Mutiara kualitas terbaik, sangat berkilau, sedikit cacat
    – B: Sangat berkilau atau kilau sedang. Terlihat sedikit cacat namun tak lebih 30% dari luas permukaan
    – C: Kilau sedang, cacat permukaan tak lebih 60%
    – D: Memiliki cacat sedikit namun tak dalam dan tak lebih 60% dari luas permukaan

    Itulah sedikit gambarang sistem pengujian kualitas mutiara yang berkembang di dunia saat ini.

    http://jualmutiaralombok.wordpress.com | Wahyu Permadi XL 081 91 595959 6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: