8 Hidangan Malaysia Wajib Coba

8 Hidangan Malaysia Wajib Coba

Malaysia, salah satu daya tarik pariwisata di Asia Tenggara, adalah rumah bagi makanan kaki lima yang luar biasa dan restoran yang menyajikan makanan lezat. Dengan campuran pengaruh dari tradisi Malaysia, China, masakan pedas India dan hidangan Nonya, Malaysia menawarkan lebih banyak lagi kenikmatan dari 13 negara bagian serta kota-kotanya. Pilihan kuliner yang bervariasi dipicu oleh keragaman warisan multikultural negara itu. Maka, kami akan berbagi dengan Anda mengenai hidangan favorit lokal dari tiga wilayah populer untuk tujuan makanan, yaitu Malaka, Penang dan Ipoh Perak.

Ayam Buah Keluak

Masakan Nonya adalah sesuatu yang harus dicoba di Malaka, di sinilah Anda bisa menemukan masakan menggiurkan kombinasi masakan China dengan bumbu dan rempah-rempah Malaysia. Hidangan Nonya versi Malaka menggunakan santan dalam pembuatannya, yang kemudian memperkaya rasa. Ayam Buah Keluak adalah hidangan Nonya populer, yaitu ayam direbus dan dicampur tauco. Jangan hilang selera karena saus, yang terlihat keruh seperti tinta! Rasanya gurih dan lembut, cocok dicampur dengan kacang kepayang dan daging ayam.

____________________________________________________________

Ikan Bakar

Ikan bakar adalah hidangan lain yang harus dicoba. Pertama-tama ikan direndam dalam bumbu campuran berbagai rempah-rempah, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di atas bara api. Jika Anda di di Malaka, berkunjunglah ke Perkampungan Ikan Bakar Terapung, yang berjarak 11 km dari kota Malaka. Di sana Anda bisa mendapatkan ikan bakar segar dan berbagai pilihan makanan laut seperti kerang, cumi-cumi, dan tiram yang langsung dapat dibakar ditempat.

____________________________________________________________

Nasi Kandar

Nasi Kandar adalah makanan populer Malaysia utara, berasal dari negara bagian Penang, jadi jangan heran bila Anda menemukan banyak warung kecil yang menawarkan jenis makanan ini. Makanan Malaysia ini berbahan pokok dari nasi biasa atau nasi yang diberi rasa dengan lauk pauk ayam goreng, limpa kari, daging sapi yang dipotong dadu, telur ikan, udang goreng atau cumi goreng. Campuran saus kari kemudian dituangkan di atas hidangan, memberikan rasa yang berbeda-beda pada nasi. Selain di Penang, Nasi Kandar juga merupakan hidangan populer di Ipoh, Malaka dan banyak lagi.

____________________________________________________________

Penang Char Kway Teow

Hidangan populer lain adalah char kway teow, mie gepeng dari beras yang digoreng dengan tauge, udang, kerang, daun bawang dan telur dalam saus gurih berwarna gelap. Versi Penang dari hidangan populer Asia Tenggara ini (varian lokal masakan ini bisa Anda temui di Indonesia dan Singapura) ini terasa lembut tapi kaya rasa, dengan tambahan kecap manis dan asin, bumbu-bumbu ambahan, dan varian kwetiau yang lebih lebar.

____________________________________________________________

Laksa Penang

Berkunjung ke Penang tidak lengkap tanpa semangkuk laksa. Laksa Penang adalah mie beras yang disajikan dalam kaldu kental yang pedas dan gurih, dihiasi dengan cincangan daging mackerel dan sayuran dalam porsi banyak. Di Penang, arahkan kunjungan anda ke Lorong Selamat, lepas Jalan Macalister, untuk mencicipi hidangan terkenal ini – ada dua versi, jenis asam, dan jenis lemak (dengan tambahan santan).

____________________________________________________________

Nasi Ayam

Salah satu hidangan paling populer lain dari wilayah Ipoh adalah nasi ayam yang sederhana. Di Ipoh, ayam direbus gaya Hainan, disajikan dengan tauge dan sup bakso babi. Lou Wong adalah restoran yang mengkhususkan diri menyajikan menu ini. Ayamnya diolah sampai kematangan sempurna, digoreng secukupnya sehingga kelembutannya tetap terjaga. Biasanya kelembutan itu sering hilang karena ayam terlalu lama digoreng. Makanan ini disajikan dengan tauge dan disiram minyak wijen dicampur kecap gurih.

____________________________________________________________

Ipoh Hor Fun

Ketika berkunjung ke Ipoh, pastikan untuk mencoba hidangan terkenal Ipoh Hor Fun. Hidangan ini memiliki dua variasi. Versi sup disajikan dengan kaldu ayam dan udang, di atasnya diberi daging ayam iris dan daun bawang. Versi lain adalah digoreng, dengan diberi bumbu yang berani dan diperciki saus gelap.

____________________________________________________________

Nasi Lemak

Mungkin yang paling populer dan paling mudah ditemukan adalah nasi lemak Malaysia, hidangan sederhana yang terdiri dari nasi yang dimasak dengan santan, ikan bilis (teri goreng), kacang goreng, sayuran dan satu porsi sambal lezat. Ini adalah hidangan populer yang dapat ditemukan di seluruh Asia Tenggara, masing-masing dengan pengaruh lokal mereka sendiri.

____________________________________________________________

Sumber : id.travel.yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: