4 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Bayi


Untuk Anda yang tengah hamil, ayo ajak janin di dalam kandungan untuk mendengarkan musik. Kenapa? Musik ternyata memiliki banyak manfaat untuk perkembangan fisik dan otak bayi. Simak empat manfaat musik untuk bayi berikut ini.

Menurut penulis buku Learning Before Birth: Every Child Deserves Giftedness, Dr Brent Logan, mengajak bayi atau janin mendengarkan musik bisa membuat bayi mengenali dentuman dan pola musik di otak mereka. Musik juga membantu perkembangan detak jantung dan fisik bayi.

Berikut ini empat manfaat musik untuk bayi seperti dilansir She Knows:

1. Membantu Bayi Belajar Sejak Dini
Dr Logan menjelaskan irama dan nada yang diperdengarkan pada anak sejak sebelum dilahirkan dapat membuat bayi mengenal prinsip persepsi dan penalaran dasar seperti perbandingan, pengulangan dan pergantian. “Sebelum lahir, suara adalah format yang dominan untuk menstimulasi janin sedangkan setelah lahir, pola suara tersebut dilengkapi dari indra lainnya,” jelasnya.

2. Membuat Bayi Menikmati Lagu dan Melodi

Saat berada di dalam rahim, bayi terbiasa mendengarkan (melodi) detak jantung ibu mereka. “Stimulasi itu adalah hal yang paling mendasar. Bayi yang belum dilahirkan bisa tidur tanpa terganggu, meskipun otaknya secara konstan mendengar bunyi yang berulang,” ujar Dr Logan.

Dr Logan menambahkan karena terbiasa mendengarkan detak jantung bayi, begitu lahir, bayi akan tertarik meskipun hanya mendengarkan melodi yang sederhana. Lagu bayi klasik juga bisa mereka nikmati karena not-not dan irama di lagu tersebut sebenarnya adalah versi yang lebih lengkap dari suara detak jantung ibu.

3. Mengajarkan Bayi Berkomunikasi
“Sebelum lahir, suara yang terdengar menjadi dasar untuk meningkatkan informasi,” ujar Dr Logan. Kalimat tersebut berarti musik bisa membantu perkembangan otak bayi untuk menerima informasi yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi. Sebuah penelitian yang dirilis National Academy of Science mengungkapkan prinsip musik dasar dipelajari di kandungan berguna untuk bayi saat mempelajari ucapan orang yang mengurus mereka dan bayi belajar bagaimana meresponnya.

4. Mendorong Bayi Untuk Bergerak
“Irama musik mirip dengan detak jantung ibu,” ujar Dr Logan. Setelah lahir bayi pun akan senang bergerak setelah mendengarkan musik. Respon ini membantu perkembangan bayi dalam hal kekuatan, kordinasinya dan kontrol motoriknya.

Sumber : www.wolipop.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: