9 jenis minyak yang berkhasiat buat kesehatan

9 jenis minyak yang berkhasiat buat kesehatan

Mint
Daun mint tidak hanya berfungsi sebagai penyegar nafas,te tapi juga untuk mengatasi  mual dan membantu mengurangi rasa gatal. Tambahkan beberapa tetes minyak peppermint dalam semangkuk air hangat, jika sedang pilek dan flu. Menghirup uap aroma mentol, dapat memperlancar pernapasan atau dapat sebagai obat gosok untuk nyeri otot.

Lavender
Minyak jenis ini hampir dapat dipakai untuk semua jenis situasi, bukan karena aromanya yang lembut, tapi juga memiliki sifat anti bakteria untuk melawan kuman. Juga berfungsi untuk merangsang pencernaan dan memerangi sakit kepala. Aroma minyak lavender mampu menenangkan sistem saraf, meningkatkan kualitas tidur, memerangi nyeri sendi, gangguan pernapasan, tekanan darah tinggi dan jerawat.

Wijen
Minyak wijen mungkin paling dikenal karena berkhasiat untuk melembabkan rambut dan kulit. Selain itu, minyak jenis ini juga memiliki faktor protektif ringan, mengndung asam lemak yang dipercaya untuk mengurangi stres dan tekanan darah rendah serta  memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Mawar

Minyak mawar yang beraroma kuat dapat digunakan untuk parfum. Aromanya juga dapat meningkatkan keseimbangan hormon, mengobati PMS dan menopause, dan juga membuat kulit segar.

Geranium

Kandungan yang terdapat pada minyak geranium dapat membantu mengurangi gejala PMS, dan menyegarkan kulit. Selain itu juga dapat mengobati jerawat, kulit berminyak, dapat merangsang sirkulasi darah. Berkhasiat juga untuk mengurangi kembung serta menyamarkan bekas luka, menghilangkan bau badan, dan mengurangi keriput pada kulit.

Boron

Minyak jenis ini menawarkan antiseptik, antibakterial dan analgesik sehingga  menjadi solusi holistik favorit. Oleh karena itu, minyak ini dapat mengobati masalah pada kulit. Seperti, psoriasis, eksim, dan jerawat. Dapat mempercepat metabolisme, yang bertindak sebagai penawar jika keracunan pada makanan, mengurangi nyeri sendi dan artritis. Juga membunuh bakteri dan masalah pada pernapasan (batuk dan pilek).

Cengkih
Minyak cengkih dapat mengurangi pusing saat mabuk, menjadi obat yang efektif untuk mengobati sakit gigi, nyeri pada gigi dan gusi serta mengatasi bau mulut. Kandungan antiseptik pada minyak cengkih dapat mengurangi rasa gatal karena gigitan serangga. Juga sebagai obat melawan sress.

Merica Hitam
Minyak ini mungkin tidak memiliki aroma yang harum, tapi memiliki khasiat alami  merangsang pencernaan. Dapat melemaskan otot yang kejang, mengurangi rasa sakit pada sendi dan  sebagai obat infeksi.

Lemon Balm
Minyak atsiri dari lemon balm juga memiliki banyak manfaat. Minyak ini mengandung antidepresan yang mencegah rasa cemas, menenangkan diri, dan menyembuhkan insomnia. Serta dapat  mengobati penyakit herpes, sakit kepala dan tekanan darah tinggi.

Sumber : food.detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: